Contoh Format Penilaian Harian dan Bulanan PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013. Catatan harian seakan-akan dengan catatan anekdot, tetapi lebih panjang. Pengamat secara obyektif menuliskan segala sesuatu secara naratif. Catatan harian mencatat segala hal yang dilakukan dan diucapkan anak pada dikala anak bermain dalam rentang waktu tertentu (misalnya 15 menit atau 30 menit). Catatan harian secara khusus sanggup membantu guru dalam menganalisa perkembangan keterampilan sosial atau dilema perilaku. Catatan harian juga sanggup difokuskan pada area tertentu contohnya bagaimana seorang anak berguru menulis / membaca.
Perhatikan bahwa catatan harian berupa catatan ihwal apa yang kita LIHAT atau DENGAR bukan perkiraan atau interpretasi, Obyektif & Akurat antara lain perkataan, gerakan tubuh, ekspresi wajah, hasil yang dibentuk anak.
Catatan anekdot ialah alat perekam observasi secara bersiklus terhadap suatu bencana atau bencana penting yang melukiskan sikap anak yang terjadinya tidak umum atau bencana khusus, yang diuraikan dalam bentuk pernyataan singkat dan obyektif.
Karakteristik Catatan anekdot
- Catatan sederhana ihwal sikap tertentu atau tidak biasa
- Dalam banyak kasus, menggambarkan interaksi antar anak, anak dengan orang dewasa, anak dengan material
- Memberikan konteks dari munculnya sikap tersebut
- Sebagai hasil dari pengamatan secara langsung
- Akurat dan spesifik
Tujuan Catatan Anekdot
- Catatan anekdot yang dikumpulkan dari waktu ke waktu sanggup memperkuat pemahaman guru terhadap setiap anak sebagai suatu tumpuan atau munculnya profil anak.
- Catatan anekdot sanggup menangkap kekayaan dan kompleksitas pada dikala anak berinteraksi dengan sesama anak dan dengan material.
- Perubahan sikap yang muncul yang dikumpulkan dalam portofolio menawarkan usulan untuk rencana pengamatan selanjutnya, rencana pembelajaran dan pertemuan orangtua.
Hasil karya ialah hasil kerja anak didik sesudah melaksanakan suatu kegiatan.
Hasil karya sanggup berupa pekerjaan tangan, karya seni atau hasil acara anak lain
Penilaian Hasil Karya Anak
- Penilaian hasil karya anak berupa gambar, karya seni, unjuk kerja, hasil karya, dll
- Penilaian hasil karya anak sanggup dilakukan, pada dikala anak melaksanakan kegiatan, atau pada dikala anak telah menuntaskan hasil karyanya
Rambu-rambu Penilaian Hasil Karya
- Tuliskan waktu(hari, tanggal, bulan dan tahun) pada hasil karya anak
- Tuliskan deskripsi singkat ihwal karya anak di hasil karya anak atau pada kertas lain
- Pilihlah hasil karya anak untuk dimasukkan ke dalam portofolio
- Hasil karya anak yang dikumpulkan cukup diambil 1 bulan sekali untuk setiap jenis karya anak.
Pelaporan merupakan acara mengkomunikasikan dan menjelaskan hasil evaluasi pendidik/ guru ihwal pertumbuhan dan perkembangan anak.
Rambu-rambu Pembuatan Laporan
- Laporan Perkembangan Anak Didik dilaporkan oleh kepala forum / pendidik / secara mulut dan tertulis
- Lembaga wajib menjaga kerahasiaan data atau informasi
- Menggunakan bahasa yang gampang dipahami.
- Menitikberatkan kekuatan dan apa yang telah dicapai anak.
- Memberikan gosip ihwal tingkat pencapaian dan perkembangan hasil berguru anak secara bijaksana.
- Memberikan masukan ihwal tingkat pencapaian anak pada seluruh kompetensi dasar untuk membantu membuatkan kemampuan anak lebih lanjut
- Informasi isi laporan sudah menggambarkan hasil berguru yang mendukung tingkat pencapaian perkembangan anak (TPPA)
- Menggambarkan sikap khusus anak di kelas
- Menyajikan gosip secara komunikatif, autentik, dan bermakna(tambahkan foto-foto, hasil karya atau video pendukung)
- Tidak menyalahkan anak ataupun orangtua
- Pengaruh laporan terhadap perasaan anak dan orang tua
- Pengaruh laporan terhadap hubungan anak dan guru juga hubungan anak dan orangtua.
- Laporan harus mendidik orang renta ihwal perkembangan anak.
Download Contoh Format Penilaian Harian dan Bulanan PAUD Taman Kanak-kanak RA
Contoh Format Penilaian Harian dan Bulanan PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013
Menulis perkembangan anak pada kurikulum 13 PAUD
- Laporan perkembangan disajikan secara naratif
- Laporan perkembangan anak DISAJIKAN dalam bentuk kemajuan perkembangan sesuai dengan aspek-aspek perkembangan yang tertuang dalam struktur kurikulum.
- Yang disajikan dalam laporan perkembangan ialah tingkat ketercapaian KD oleh setiap anak.
- Kandungan KD dalam laporan berisi secara utuh kemampuan sikap, pengetahuan dan keterampilan.
- Isi ilustrasi capaian sikap, pengetahuan dan keterampilan diidentifikasi berdasar indikator sesuai dengan tahapan usia anak (kelompok usia).
No comments:
Post a Comment