Sahabat Edukasi yang berbahagia... Bagi Bapak/Ibu Kepala Sekolah/Madrasah yang ingin melakukan kiprah secara optimal selaku penanggungjawab tertinggi dalam lingkungan sekolah/madrasah yang dipimpinnya memerlukan kompetensi yang baik dalam pelaksanaan tugasnya. Salah satu dokumen penting yang harus dipelajari sebagai pola petunjuk teknis yaitu Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah yang diterbitkan Kemdikbud pada bulan April 2017.
Sebagaimana yang telah disampaikan dalam kata pengantar pada buku tersebut oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bahwasannya menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 wacana Standar Kepala Sekolah/Madrasah, diamanatkan bahwa seorang kepala sekolah harus mempunyai standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Kompetensi meliputi: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Kewirausahaan, Kompetensi Supervisi, dan Kompetensi Sosial.
Pada tahun 2015, dalam rangka pemetaan kompetensi Kepala Sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayakan menyelenggarakan uji kompetensi Kepala Sekolah yang diikuti oleh 166.333 kepala sekolah dari jenis, jenjang, dan masa kerja yang bervariasi. Nilai rerata 3 kompetensi Kepala Sekolah yakni 56,37, untuk dimensi manajerial yakni 58,55, untuk dimensi supervisi pembelajaran yakni 51,81, untuk dimensi kewirausahaan yakni 58,75. Data tersebut mengatakan bahwa Kepala Sekolah membutuhkan perhatian yang lebih serius dalam peningkatan kompetensi untuk setiap dimensi kompetensi.
Terkait dengan hal tersebut, dalam rangka mewujudkan Kepala Sekolah /Madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah sebagai pedoman dalam melakukan kiprah dan fungsinya tersebut. Seiring dengan perubahan kebijakan dan kebutuhan di lapangan, Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah berisi klarifikasi wacana pelaksanaan kiprah kepala sekolah/madrasah. Tugas ini sangat dekat kaitannya dengan peningkatan kompetensi.
Panduan kerja ini diperlukan sanggup dijadikan pola bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, dan para pemangku kepentingan.
Adapun daftar isi dalam Buku Pedoman Kerja Kepala Sekolah/Madrasah terdiri dari:
KATA PENGANTAR
DAFTAR TABEL
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR DIAGRAM
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Landasan Hukum
C. Tujuan
D. Manfaat
E. Ruang Lingkup
BAB II TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH
A. Tugas Pokok
B. Usaha Pengembangan Sekolah
1. Menyusun Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
2. Pengembangan Struktur Organisasi Sekolah
3. Langkah Strategis Pengembangan Sekolah
4. Menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah
5. Menyusun Rencana Kerja Tahunan dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
BAB III PENINGKATAN MUTU SEKOLAH
A. Mutu Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan
B. Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan Program Peningkatan Mutu Sekolah
C. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
D. Penilaian Kinerja Guru dan Sasaran Kerja Pegawai
E. Melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi
1. Program Pengawasan
2. Evaluasi
BAB IV PENERAPAN KEPEMIMPINAN DAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH
A. Pengantar
B. Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah
C. Penerapan Kewirausahaan
D. Penilaian Kinerja Guru dan Sasaran Kerja Pegawai
E. Melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi
BAB V PENGAWASAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH
A. Pengawasan Pengelolaan Pembelajaran
1. Supervisi Akademik
2. Teknik supervisi akademik
3. Langkah Operasional
B. Pengembangan Profesi Kepala Sekolah
BAB V PENUTUP
Adapun untuk mengunduh / download Buku Kerja Kepala Sekolah/Madrasah ini sanggup diunduh pada tautan yang tersedia di bawah ini.
Demikian informasi wacana Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah ini saya bagikan, supaya bermanfaat dan terimakasih... ...!
No comments:
Post a Comment