Tuesday, 26 February 2019

Jadi Bakir Kiprah Kepala Madrasah Dalam Aktivitas Harian, Mingguan, Semester Dan Tahunan


Kepemimpinan pembelajaran merupakan tindakan kepala sekolah/madrasah dalam; mempengaruhi,
menggerakan, mengarahkan, mengembangkan, memberdayakan guru sehingga tercipta kondisi sekolah yang aman sebagai kawasan pembelajaran berproses secara optimal.

Tindakan yang dilakukan (Kepala sekolah) untuk membuatkan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru pada akhirya bisa membuat kondisi mencar ilmu siswa semakin meningkat. Kepemimpinan pembelajaran merupakan tindakan yang mengarah pada terciptanya iklim sekolah yang bisa mendorong terjadinya proses pembelajaran yang optimal.

a. Kegiatan Harian


  1. Datang lebih awal untuk memonitor kebersihan lingkungan sekolah;
  2. Memonitor kehadiran guru dan karyawan;
  3. Memonitor dan mengikuti kegiatan Do’a Bersama setiap pagi di halaman sekolah;
  4. Memantau kelancaran kegiatan mencar ilmu mengajar;
  5. Memantau kinerja para tenaga administrasi (tata perjuangan / dan pembantu karyawan);
  6. Melaksanakan survesi akademis dan survesi klinis;
  7. Memeriksa jadwal sekolah;
  8. Membaca surat-surat yang masuk dan menandatangani surat keluar;
  9. Mendisposisi surat-surat yang masuk;
  10. Ikut membantu mengonsep surat-surat keluar;
  11. Menyelesaikan kendala proses mencar ilmu mengajar terutama pada jam-jam pelajaran yang kebetulan guru mata pelajaran bolos bersama guru piket, Wakasek;
  12. Menyelesaikan kasus-kasus murid-murid yang timbul pada dikala itu, atau yang telah lampau bersama guru bimbingan konseling;
  13. Mencegah perbuatan-perbuatan negatif yang mungkin timbul.

b. Kegiatan Mingguan


  1. Mengadakan super visi kelas;
  2. Mengadakan super visi BP/BK;
  3. Meningkatkan pengaturan ihwal penerimaan dan pengerualan keuangan sekolah;
  4. Mengawasi pengaturan pengadaan penyimpanan dan penyaluran barang;
  5. Memeriksa dan merekapitulasi ketidakhadiran guru dan pegawai;
  6. Menyelesaikan kasus-kasus yang terjadi pada setiap mingggunya;
  7. Melaksanakan komunikasi secara mulut atau tertulis baik di lingkungan sendiri maupun pihak luar;
  8. Melaksanakan pemantuan Program Green School.

c. Kegiatan Bulanan


  1. Mengontrol kelancaran pelaksanaan pembayaran. Meliputi: Gaji pegawai tetap, Honorarium Guru dan Pegawai tidak tetap;
  2. Mengontrol pemasukan sekolah dari para siswa;
  3. Mengadakan investigasi umum terhadap. Yaitu: Administrasi kelas, Rekapitulasi ketidakhadiran guru, pegawai dan siswa; Memonitor evaluasi, sasaran kurikulum, daya serap, jadwal perbaikan dan pengayaan;
  4. Meneliti grafik daya serap siswa dari setiap guru mata pelajaran; dan
  5. Melakukan tindak lanjut. Yaitu: Bimbingan dan konseling, Tata tertib siswa, Program 7 K
  6. Mengevaluasi persediaan dan penggunaan, alat, materi praktikum dan ATK;
  7. Mengevaluasi SPJ Kepala Sekolah;
  8. Mengadakan penilaian hasil kegiatan harian, mingguan dan bulanan;
  9. Membuat analisis realisasi acara guru, murid atau siswa dan pegawai sekolah;
  10. Melaksanakan penelitian tindakan kelas;
  11. Menyelesaikan manajemen mutasi murid atau siswa dan guru.

d. Kegiatan Akhir Semester


  1. mengadakan ulangan umum selesai semester;
  2. mengadakan pembagian rapor selesai semester;
  3. memantau pengisian buku induk dan klepper siswa;
  4. Mengadakan persiapan KBM semester berikutnya;
  5. Mengontrol, memperbaiki dan mengadakan perawatan preventif terhadap sarana atau prasarana sekolah;
  6. Menyusun jadwal Penerimaan Siswa Baru (PSB);
  7. Membuat laporan selesai semester.

e. Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran


  1. Melaksanakan Ujian Nasional;
  2. Melaksanakan kegiatan Ulangan selesai semester genap dan kenaikan kelas;
  3. Mengadakan persiapan tahun baru;
  4. Melaksanakan jadwal Penerimaan siswa Baru (PSB);
  5. Memantau atau memonitor dan memikirkan pemenuhan kebutuhan perlengkapan sarana sekolah;
  6. Mengadakan training kemampuan profesional guru dan pegawai;
  7. Laporan pertanggungjawaban kepada orang tua;
  8. Melaksanakan Wisuda untuk siswa yang dinyatakan lulus.
  9. Mengawasi dan mengevaluasi kegiatan pendidikan yang meliputi: perencanaan dan training kegiatan pendidikan; pengorganisasian dan pengkoordinasian kegiatan pendidikan;
  10. Membuat laporan kepada atasan langsung.

No comments:

Post a Comment