Monday 25 February 2019

Jadi Cendekia Buku Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Paud Ra Tk Kurikulum 2013


Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik dipandang sesuai dengan pola kerja otak alasannya ialah membahas satu tema dari banyak sekali konsep dan aspek perkembangan. Penentuan tema sangat terbuka. Artinya, satuan PAUD sanggup menentukan tema yang akan dipakai dalam pembelajaran sesuai dengan minat anak, situasi dan kondisi lingkungan, serta kesiapan guru mengelola kegiatan.

Penentuan tema tidak sekadar gampang diterapkan, tetapi perlu memperhatikan beberapa prinsip biar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam. Keluasan tema bergantung pada kemampuan guru dalam menguasai tema tersebut.

Hal penting yang harus diperhatikan guru dalam menyebarkan tema ialah kebermaknaan tema dalam membangun pengalaman berguru yang bermutu bagi anak usia dini. Oleh alasannya ialah itu dalam menentukan tema menjadi penting kalau diawali dengan identifikasi tema dan sekaligus ketertarikan anak terhadap topik tertentu. Untuk memperlihatkan wawasan kepada para guru PAUD dalam menyebarkan tema pembelajaran, maka disusun “Pedoman Pengembangan Tema dalam Pembelajaran Anak Usia Dini”. Pedoman ini diperlukan sanggup menjadi pola bagi guru dalam menyebarkan tema di forum PAUD masing-masing.

Tema ialah topik yang menjadi payung untuk mengintegrasikan seluruh konsep dan muatan pembelajaran melalui aktivitas main dalam mencapai kompetensi dan tingkat perkembangan yang diharapkan. Pembelajaran tematik ialah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa muatan pembelajaran dalam mencapai kompetensi dasar (KD) dan tingkat perkembangan yang diharapkan.

Pelaksanaan tema dan subtema sanggup dilakukan dalam aktivitas pengembangan melalui bermain dan pembiasaan. Tema bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan sarana untuk mengintegrasikan keseluruhan perilaku dalam pengetahuan dan keterampilan yang ingin dibangun.

Karena itulah pedoman pengembangan tema ini dibutuhkan untuk membantu penyusunan tema yang akan diajarkan. Meliputi:

  • Mengapa Harus Menggunakan Tema dalam Pembelajaran PAUD
  • Mengapa menggunakan tema
  • Apa Pengertian tema
  • Apa manfaat tema
  • Program Pengembangan apa yang dibangun melalui tema
  • Apa prinsip-prinsip dalam menentukan tema
  • Teknik Pengembangan Tema
  • Bagaimana merumuskan tema
  • Objek apa saja yang sanggup dijadikan tema
  • Seberapa luas tema sanggup dikembangkan
  • Berapa usang waktu yang dibutuhkan
  • Bagaimana merumuskan kompetensi dasar dan bahan pembelajaran dikaitkan dengan tema
  • Apakah puncak tema itu
  • Bagaimana menyebarkan aktivitas dalam transisi antartema.

Seperti itulah sekilas dari ihwal Buku Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD RA Taman Kanak-kanak Kurikulum 2013 yang bisa anda unduh pada link dibawah ini:

Panduan pengembangan tema paud

Demikian dari kami, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment