Sunday, 24 February 2019

Jadi Cendekia Pola Format Catatan Evaluasi Anekdot Paud Tk Ra Kurikulum 2013


Merupakan alat perekam observasi secara terencana terhadap suatu kejadian atau kejadian penting yang melukiskan sikap anak yang terjadinya tidak umum atau kejadian khusus, yang diuraikan dalam bentuk pernyataan singkat dan obyektif. Baca juga panduan lengkap evaluasi paud tk ra

Karakteristik Catatan Anekdot


  1. Dalam banyak kasus, menggambarkan interaksi antar anak, anak dengan orang dewasa, dan anak dengan
  2. Catatan sederhana wacana sikap tertentu atau tidak biasa
  3. Sebagai hasil dari pengamatan secara langsung
  4. Akurat dan spesifik
  5. Memberikan konteks dari munculnya sikap tersebut.

Tujuan Catatan Anekdot


  1. Catatan anekdot yang dikumpulkan dari waktu ke waktu sanggup memperkuat pemahaman guru terhadap setiap anak sebagai suatu rujukan atau munculnya profil anak.
  2. Catatan anekdot sanggup menangkap kekayaan dan kompleksitas pada dikala anak berinteraksi dengan sesama anak dan dengan material.
  3. Perubahan sikap yang muncul yang dikumpulkan dalam portofolio memperlihatkan anjuran untuk planning pengamatan selanjutnya, planning pembelajaran dan pertemuan orangtua.

Contoh 1 Catatan Anekdot


Nama Anak : Anisa
Tanggal / Waktu : 15 Juli 2014 pk.08:45 WIB
Tempat : Area Membaca
Peristiwa dan Perilaku :
Anisa duduk di sebelah Tina di bersahabat meja baca. Tina menyapa Anisa, "Hi, Anisa! Mau baca buku sama saya ?" Anisa berkata bahwa beliau tidak sanggup membaca. Tina menjawab, “Kita lihat gambarnya saja.”

Contoh 2 Catatan Anekdot


Nama Anak : Wisnu
Tanggal / Waktu : 1 September 2014 pk 08.15 WIB
Tempat : Area Outdoor
Peristiwa dan Perilaku :
Toni mengambil satu dahan tanaman yang tergeletak di pojok taman. Wisnu mengikuti Toni, dan menarik dahan itu sambil dibawa lari berkeliling taman. Wisnu kemudian menaiki dahan itu sambil bergerak melompat-lompat mengelilingi taman.

Atau anda sanggup menciptakan menyerupai gambar diatas.

Yang perlu diperhatikan dalam menciptakan catatan Anekdot


  1. Berupa catatan wacana apa yang kita LIHAT atau DENGAR bukan asumsi
  2. Catatan sebaiknya akurat, obyektif, dan spesifik (hindari penggunaan kata yang subyektif dan ambigu) /(ketidakjelasan makna/bermakna ganda)
  3. Perlu melihat anak yang berbeda dengan ragam kegiatan. Hindari menulis catatan wacana “hal-hal lucu yang dikatakan anak”.
  4. Ingatlah untuk bertanya kepada diri sendiri, “Apakah saya menulis ini dengan cara yang sama ketika orang lain juga melihatnya ?”
  5. Jangan lupa menuliskan nama anak, daerah dan waktu
  6. Telaah KD dan Indikator yang relevan dengan kejadian tersebut.

selengkapnya sanggup anda unduh pada link dibawah ini:
Contoh Format Catatan Penilaian Anekdot PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013

Itulah sekedar klarifikasi dari wacana Catatan Penilaian Anekdot PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013.

No comments:

Post a Comment