Pendidikan nasional berfungsi membuatkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk membuatkan potensi akseptor didik biar menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan di atas secara konsisten menjadi referensi dalam membuatkan tujuan kurikulum 2013. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama yaitu rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran, sedangkan yang kedua yaitu cara yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran.
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang diberlakukan mulai tahun fatwa 2014/2015 memenuhi kedua dimensi tersebut. Untuk menerapkan kedua dimensi tersebut, seluruh pendidik dan pengelola PAUD harus memahami kerangka dan struktur kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini biar dalam penyelenggaraan kegiatan PAUD sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
Ketepatan dalam membaca dan memahami nomenklatur yang dimaksudkan dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini menjadi keharusan. Materi ini penting sebagai payung sebelum para pendidik membuatkan lebih jauh dari kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Tujuan dari Pedoman Struktur K-13 PAUD Ini
- Memberi isu yang terperinci wacana kerangka dasar dan struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
- Menjadi contoh bagi guru dan pengelola dalam membuatkan kurikulum
- satuan PAUD.
Sasaran dari Pedoman Struktur K-13 PAUD Ini
- Guru anak usia dini
- Pengelola satuan Pendidikan Anak Usia Dini
- Pengawas dan Penilik Pendidikan Anak Usia Dini
- Pemangku kepentingan dari aneka macam unsur.
Buku pedoman kurikulum 2013 PAUD ini memuat dan menjelaskan tentang:
- Mengapa Pedoman ini di susun?
- Mengapa Pedoman Strukutur K-13 PAUD Ini Diperlukan?
- Apa Tujuan Dari Pedoman Strukutur K-13 PAUD Ini?
- Apa yang menjadi landasan Penyusunan Pedoman Strukutur K-13 PAUD ini?
- Siapa Sasaran dari Pedoman Strukutur K-13 PAUD Ini?
- Kerangka Dasar K-13 Paud: Apa, Mengapa Dan Bagaimana
- Bagaimana Pengertian Kurikulum berdasar K-13 PAUD?
- Apa tujuan K-13 PAUD itu?
- Apakah Kerangka Dasar K-13 PAUD itu?
- Struktur K-13 Paud: Apa, Mengapa Dan Bagaimana
- Apakah Struktur K-13 PAUD Itu? Dan Apa sajakah yang termasuk dalam Struktur K-13 PAUD Itu?
- Bagaimana memahami setiap hal terkait Struktur K-13 PAUD?
- Bagaimana Memahami Muatan Kurikulum?
- Bagaimanakah Memahami Kompetensi Inti?
- Bagaimakah Memahami Setiap Rumusan Kompetensi Dasar?
- Bagaimana Cara Melakukan Pemetaan Lingkup Perkembangan dengan Kompetensi Dasar?
- Bagaimana cara menghitung Lama Belajar yang diharapkan oleh setiap Satuan PAUD untuk mencapai Muatan Kurikulum, KI dan KI yang telah Ditetapkan?
- Bagaimana memahami Indikator Perkembangan Dalam K-13 PAUD?
Bagaimana masih merasa belum lengkap? silahkan eksklusif unduh file PDF dari wacana Buku Panduan Struktur Kurikulum 2013 PAUD Taman Kanak-kanak RA Terbaru pada link dibawah ini:
Panduan kurikulum 2013 PAUD Taman Kanak-kanak RA
Demikian dari kami, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...
No comments:
Post a Comment